Wednesday, February 10, 2010

INDIGO CHILD


Anak indigo atau yang sering dikatakan sebagai anak yang memiliki talenta pada indera keenamnya dan dianggap sebagai anak spesial yang memiliki kekuatan tersembunyi sebenarnya tidak dapat disamakan dengan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus dan harus disekolahkan di lingkungan tertentu. Mereka sebenarnya sama dengan anak-anak biasa (atau kita sebut normal) dan dapat disekolahkan dilingkungan umum dengan catatan Orang tua dan Guru dapat bekerja sama dalam membantu menghadapi "kemampuannya".
Akan tetapi, sungguh disayangkan bahwa kebanyakan anak-anak indigo disembunyikan oleh orang tuanya agar tidak diketahui orang. Umumnya anak-anak ini dianggap memiliki "sesuatu" yang berlebihan oleh orang tuanya dan ditekan agar anak tersebut "menghilangkan" kebiasaannya. Begitu juga dengan guru di sekolahnya. Guru pun tidak boleh langsung memutuskan bahwa anak yang memiliki suatu "kelainan" atau "keistimewaan" adalah anak-anak Indigo. Mereka harus bisa mendekatkan diri dengan anak tersebut dan mencari tahu apakah benar anak tersebut memiliki "keistimewaan" untuk masuk ke dalam kriteria anak Indigo ataukah karena ada masalah yang dialami pada lingkungan hidup sang anak (misalnya perlakuan keluarganya atau temannya), karena tidak jarang anak-anak kecil zaman sekarang memiliki gangguan mental dan jiwa akibat lingkungan hidupnya yang keras. Hal-hal di ataslah yang mendasari terjadinya "fenomena gunung es" pada kasus anak-anak indigo.

Sifat-sifat anak Indigo berbeda dari anak-anak lain
Sifat anak Indigo bukanlah suatu GEJALA penyakit, oleh karena itu tidak tercantum dalam WHO maupun badan kesehatan lainnya. Keadaan Indigo bukanlah SAKIT, sehingga tidak ada yang dinamakan DASAR DIAGNOSA dan TERAPI untuk anak-anak ini. Bahkan dalam keadaan sehat dan sakit, mereka sama dengan anak-anak non-indigo. Cara menolongnya adalah dengan pembinaan kepada dirinya, orang tuanya dan lingkungan sekitarnya terutama yang belum mengetahui anak-anak indigo.

Sifat Umum Yang Dimiliki Anak-anak Indigo
  1. Cerdas (High average)
  2. Dapat melakukan sesuatu yang belum pernah diajarkan (Serendepity)
  3. Pembicaraan dan pemikirannya jauh melampaui anak sebayanya (seringkali dianggap aneh oleh rekan sebayanya)
  4. Dapat "membaca" perasaan, kemauan dan pemikiran orang lain
  5. Dapat merasakan keberadaan makhluk halus
  6. Dapat mengetahui suatu kejadian yang akan datang (umumnya lewat mimpi), termasuk tentang dirinya
  7. Lebih tertarik pada hal yang berkaitan dengan alam dan kemanusiaan, dan
  8. Kebanyakan diperkirakan lahir serempak pada tahun 2000 yang disebut sebagai The Aquarian Age atau The New Age

Hal utama yang perlu dipikirkan dalam pembinaan anak indigo adalah
  • Hadapi dengan jujur dan jangan direkayasa atau disembunyikan
  • Gunakan pendekatan secara benar dan menyeluruh agar tercapai apa yang diinginkan
  • Hargai dan kembangkan "sesuatu" yang dimilki mereka, dan
  • Beri pemahaman diri tentang siapa dan bagaimana mereka serta cara untuk menghadapi masalah mereka bila ditemukan suatu kendala dalam kehidupannya.
Hal Yang Ingin Saya Kemukanan Dalam Tulisan ini :
"Janganlah kamu menjauhi manusia lain hanya karena mereka berbeda atau memiliki 'sesuatu' yang lain. Akan lebih baik bila kita membantunya mengembangkan hal tersebut agar dapat berguna bagi bangsa dan kemanusiaan"

No comments:

Post a Comment